Saturday 14 January 2017

Sekilas tentang Mind Mapping

Kita sering menyumbat saluran-saluran kreatif dengan melatih anak-anak menulis kata-kata (tanpa gambar) di atas kertas bergaris. (Nancy Margulies)
Kata-kata (yang kita tulis atau baca) Merupakan produk bahasa. Sebelum belajar bahasa, kita memvisualisasikan gambar dalam pikiran kita dan menerapkannya dalam konsep-konsep. Dalam pikiran, jika divisualisasikan, hubungan antara gambar dan konsep-konsep tersebut membentuk semacam pohon dengan cabang dan ranting. Itulah peta pikiran (mind mapping)

Pada 1960an Tony Buzan mengembangkan suatu teknik yang terkenal dengan sebutan mind mapping. Teknik menggabungkan kemampuan otak kiri dan kanan secara simultan. Mind mapping berisi kombinasi antara konten kegiatan otak kanan (gambar, simbol, susunan acak) dan konten kegiatan otak kiri (kata-kata, logika, sistematika). Sepintas membuat mind mapping tak ubahnya kegiatan coret-mencoret dan membuat catatan, cuma ini agak megasyikkan.
mind mapping sebagai cara untuk mengembangkan ide
sumber: mindmapping.com

Mind mapping dikembangkan berdasarkan sebuah kenyataan bahwa kemampuan otak kita sesungguhnya luar biasa. Otak kita mampu menampung ribuan imajinasi, jutaan kreasi, dan milyaran visualisasi. Otak dapat diumpamakan sebagai hutan raya tempat ribuan pohon, jutaan cabang, dan milyaran ranting yang saling berkaitan.

Dari perumpamaan itulah mind mapping dibuat. Pohon dianggap sebagai tema sentral, cabang dan raning diumpamakan sebagai tempat penyimpanan informasi. Setiap saat, informasi tersebut dapat dipetik dari cabang dan ranting.

Penerapan mind mapping nyaris tak terbatas. Mind mapping sangat bagus untuk merencanakan acara, memecahkan masalah, mempersiapkan presentasi, mengelola informasi, melawan lupa, dan menulis.

Bagaimana membuat mind mapping?
Membuat mind mapping bukanlah pekerjaan sulit. Berikut ini langkah-langkah membuat mind mapping:

  1. Tulis dan atau gambar topik utama di tengah-tengah kertas
  2. Gunakan kata-kata kunci, yaitu kata-kata penting yang berkaitan dengan topik
  3. Berpijak dari topik utama, buat cabang-cabang ke segala arah dengan berbagai warna
  4. Buat ranting masing-masing cabang
  5. Tulis hal-hal yang berkaitan dengan cabang
  6. Selesai
Pada umumnya, mind mapping sibuat secara artistik, penuh warna dan gambar. Akan tetapi, Bukan itu yang terpenting. Mind mapping merupakan gambaran yang mewakili pikiran masing-masing orang. Tidak perlu menjadi seorang seniman untuk membuat mind mapping.

Salam Pendidikan!!!

0 komentar

Post a Comment