Wednesday 11 January 2017

Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional

Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional - Ujian Nasional (UN) sebentar lagi akan dilaksanakan. Sudahkah Anda memiliki strategi untuk menghadapinya? Kesuksesan dalam mengerjakan soal-soal UN tidak tercapai secara kebetulan, namun dengan persiapan yang mantap disertai strategi yang tepat. Agar sukses dalam menghadapi UN, Anda harus siap secara mental, siap dalam menguasai pelajaran, dan siap mengerjakan soal di ruang ujian.
Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional

Berikut strategi-strategi yang dapat Anda lakukan:

  • Rincian Materi pada Standar Kompetensi Lulusan
Buatlah data materi dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) UN tahun ini yang telah dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Pelajari Statistik Tipe Soal UN
Pelajari statistik tipe soal UN yang sering keluar pada tahun-tahun sebelumnya, minimal untuk soal UN lima tahun terakhir. Buatlah tabel statistik per mata pelajaran yang berisi materi UN dan jumlah soal yang keluar pada tahun tersebut. Lakukan analisis terhadap tipe soal-soal yang sering keluar dan materi yang harus Anda pelajari dan perdalam.


ARTIKEL TERKAIT

  • Mendalami Ringkasan Materi
Mempelajari ringkasan materi untuk memperdalam dan menguasai materi sesuai dengan SKL. Karena bahan materi meliputi materi Kelas dibawah tingkat, maka gunakan ringkasan materi yang lengkap sehingga dapat membantu saat menghadapi soal dengan pola sama, tetapi berbeda angka atau tulisannya.
  • Pahami Soal dan Pembahasannya
Memahami bentuk penyelesaian soal UN secara runtut, meliputi penerapan konsep materi, alur penyelesaian yang cepat dan tepat, sampai kesimpulan jawaban.
  • Mengelompokkan Soal Latihan
Berlatih soal-soal UN berdasarkan pengelompokan materinya akan mempermudah mendalami dan menerapkan konsep materi, tipe soal, maupun cara mengerjakannya.
  • Strategi Waktu
Berlatih mengelola waktu selama mengerjakan soal UN. Setiap mata pelajaran memiliki waktu pengerjaan yang berbeda-beda. Hitung waktu rata-rata maksimal untuk mengerjakan satu soal dengan rumus:
Waktu rata-rata maksimum mengerjakan = Waktu pengerjaan 1 paket soal/jumlah soal
Strategi yang harus dijalankan adalah dengan mengerjakan satu soal di bawah waktu rata-rata maksimal. Tujuannya agar sisa waktu yang tersedia dapat digunakan untuk mengerjakan soal sulit yang membutuhkan banyak waktu dan memeriksa ulang jawaban.


  • Sering Mengerjakan Soal Try Out dan Prediksi
Soal try out dan prediksi dibuat sesuai dengan SKL yang ada, sehingga jika sering berlatih mengerjakan soal try out dan prediksi maka semakin terbiasa dengan bentuk soal yang muncul pada soal UN tahun ini.
  • Memilih Buku Latihan UN yang Tepat
Untuk menunjang Anda berlatih memahami dan mengerjakan soal-soal UN, maka pilih dan gunakan buku latihan UN yang isinya lengkap dan sangat mendukung meliputi ringkasan materi, soal dan pembahasan, serta latihan soal dan prediksi.

Semua strategi di atas bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil UN yang maksimal.

Demikian ulasan Tips Sukses Menghadapai Ujian Nasional, semoga bisa bermanfaat.

Salam Pendidikan!!!


Baca juga:

0 komentar

Post a Comment